Wednesday, November 17, 2010

Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar



Pendahuluan
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang sangat kompleks. Pembelajaran merupakan suatu kondisi yang diciptakan secara sengaja oleh pihak tertentu (guru) agar memungkinkan berlangsungnya proses belajar pada peserta didik untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pembelajaran adalah suatu sistem yang terdiri dari beberapa sub sistem antara lain : input,proses dan output, dalam proses pembelajaran, banyak hal/factor yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu proses pembelajaran diantaranya factor instrumental dan factor lingkungan. Dalam factor instrumental terdapat berbagai hal yang mempengaruhi proses pembelajaran antara lain : kurikulum, guru, sarana dan prasarana, model pembelajaran yang diterapkan dan media pembelajaran. salah satu hal yang paling penting dalam menunjang keefektifan suatu pembelajaran adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penerapan model pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar kelas rendah adalah model pembelajaran terpadu. Model pembelajaran terpadu memungkinkan siswa mempelajari suatu konsep secara keseluruhan (holistik). Selain itu dalam model pembelajaran terpadu memungkinkan siswa untuk memperoleh dan membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran terpadu juga memberi pengalaman langsung kepada siswa sehingga siswa mudah dalam memahami konsep yang dipelajari,karena tidak bersifat abstrak dan cenderung sesuai dengan kehidupan siwa.

a. Hakikat Pembelajaran Terpadu
Pembelajaran terpadu merujuk pada dua pengertian yaitu :
1. Sebagai bentuk aktifitas belajar mengajar yang secara struktur sama dengan program satuan pembelajaran untuk satu pokok bahasan / materi pokok dalam silabus, hanya muatan materinya dan konteksnya berbeda, yakni berasal dari pokok bahasan untuk untuk satu mata pelajaran bahkan antar pokok bahasan dari dua atau lebih mata pelajaran.
2. Berfungsi sebagai wadah, ajang atau muara penyatupaduan konsep-konsep yang dikandung beberapa pokok bahasan atau beberapa mata pelajaran yang seharusnya memiliki keterkaitan dan keterpaduan pemahamannya.
Pembelajara terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu , siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bemakna disini memberi arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antara konsep intra ataupun antar mata pelajaran.
b. Karakteristik Pembelajaran Terpadu
1. Berpusat pada anak
2. Member pengalaman langsung pada anak
3. Pemisahan antara bidang studi tidak begitu jelas
4. Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu prose pembelajaran
5. Besifat luwes
6. Hasil pembelalajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
c. Pentingnya Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
Piaget mengemukakan bahwa perkembangan intelek anak meliputi tahapan : (a). sensorik motorik, (b). pra operasional, (c). operasional konkrit, (d). operasional formal. Anak usia dini umur (2-8 tahun) berada pada masa pra operasional dan konkrit. Oleh karena itu anak usia dini masih melihat segala sesuatu sebagai sutu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antar konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung pada objek-objek konkret dan pengalaman yang di alami secara langsung.
Pembelajaran yang memisahkan secara tegas penyajian mata pelajaran- mata pelajaran tersebut membuahkan kesulitan bagi setiap anak karena hanya akan memberikan pengalaman belajar yang bersifat artificial. Atau pengalaman belajar dibuat- buat. Oleh Karen aitu, proses pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar terutama untuk kelas- kelas awal, harus dirancang secara tepat karena akan berpengaruh terhasap kebermaknaan pengalaman belajar anak. Pengalaman belajar akan menunjukkan kaitan berlalu unsur- unsur konseptual baik di dalam maupun antara mata pelajaran akan memberikan peluang bagi terjadinya pembelajaran yang efektif dan lebih bermakna (meaningful learning). Model pembelajaran terpadu sangat cocok diterapkan disekolah dasar kelas rendah, karena pada hakekatnya model pembelajaran ini merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik secara individu maupun kelompok berperan aktif dalam pembelajaran menggali dan menemukan konsep serta prinsip secara holistic dan autentik. Dalm pembelajaran terpadu siswa memperoleh pengalaman langsung sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan dan menerapkan konsep yang telah dipelajari. Sehingga peserta didik terlatih dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajarinya secara menyeluruh, bermakna, autentik dan aktif. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran terpadu sangat sesuai dengan paradigma konstruktivisme karena memberi kesempatan bagi siswa dalam membangun pemehamannya sendiri terhadap suatu konsep yang dipelajarinya.
Beberapa alasan penggunaan pembelajaran terpadu di sekolah dasar kelas rendah, antara lain :
  1. Pendidikan di SD terutama di kelas rendah harus memperhatikan perkembangan intelektual anak. Sesuai dengan tahap perkembangannya, yang pada umumnya mereka masih memandang sesuatu secara keseluruhan (holistik).
  2. Disamping memperhatikan perkembangan anak, guru juga harus mengurangi dampak dari phenomena ini diantaranya anak tidak mampu melihat sesuatu dan memecahkan masalah dari berbagai sisi karena ia terbiasa berpikir secara pragmentas, anak dikhawatirkan tidak memiliki cakrawala pandangan yang luas dan integrative.
DAFTAR PUSTAKA
Sukayati, 2004 Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Penerapan dari Pembelajaran terpadu,Yogyakarta, Depdiknas
Indrawati,2009,Model Pembelajaran Terpadu di SD, Jakarta, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA)
Tim pengembang PGSD, 1997, pembelajaran Terpadu D II PGSD dan S2 Pendidikan Dasar, Jakarta, Depdikbud

3 comments:

  1. mantap de infonya... lanjutkan dengan info2 pendidikan yang lainnya... :) sukses education!!! :)

    ReplyDelete
  2. @trisnandika : ya, semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang berkecimpung di dunia pendidikan...

    ReplyDelete
  3. mantap,,, pengen nambah pengetahuan? klik di http://ilmukami.co.cc

    ReplyDelete

Mengatasi Info GTK yang tidak Valid

Salam edukasi, Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman dalam mengatasi permasalahan status validasi tunjangan profesi yang tidak ...